Untuk Bunda: Inilah Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Makanan bergizi merupakan hal penting bagi tumbuh kembang anak. Namun apa artinya jika anak tidak mau makan? Kadangkala orang tua sudah menyiapkan makanan dengan nutrisi yang sesuai, tapi anak enggan menyentuh hidangan di meja. Tidak sedikit orang tua yan pusing menghadapi persoalan ini.

Jangan khawatir untuk ayah bunda dengan problema ini. Ada banyak cara kreatif untuk menarik si kecil makan kembali. Simak ulasan lengkap di bawah ini mengenai apa saja cara mengatasi anak susah makan yang bisa diterapkan secara mudah dan efektif.

Anak susah makan? Kenali tendensinya

cara mengatasi anak susah makan

Sebelum beranjak ke cara menghadapi anak susah makan, ada baiknya mengenali situasi. Bagaimana tendensi anak ketika menolak makanan dan apakah kondisi ini bersifat sementara. Berikut ini yang biasa terjadi mengenai penyebab anak susah makan.

Menolak makan

Anak usia belia masih bisa dibilang temperamen soal makan. Bagi anak, makan adalah aktifitas yang masih baru untuk dipelajari, misalnya bagaimana menggunakan peralatan makan dan memasukkan makanan ke mulut. Selagi belajar, ada masa-masa dimana anak akan bosan yang berakibat pada susah makan.

Memilih makanan tidak sehat

Anak tidak menolak untuk makan, namun cenderung pilih-pilih makanan tertentu saja. Makanan yang digemari anak justru yang tidak sehat, misalnya permen, makanan cepat saji, atau cemilan tidak sehat.

Menolak sayur

Sayur bisa dibilang adalah tipe makanan yang paling dihindari oleh anak. Banyak anak yang memilih menolak makan sayur dengan cara ekstrim, misalnya menangis atau marah.

Menolak makan secara tiba-tiba

Si kecil tiba-tiba menolak makan padahal sebelumnya tidak ada masalah dan lancar makan. Perubahan drastis ini kerap mengkhawatirkan orang tua. Namun sebenarnya ini adalah hal yang normal, dimana anak sedang dalam tahap adaptasi dengan rasa dan seleranya.

Bukan tidak suka, tetapi sebagai bentuk perlawanan

Ada satu lagi penyebab anak susah makan yang tidak berkaitan dengan makanan. Yaitu ketika anak susah makan sebagai bentuk perlawanan terhadap orang tua. Perilaku mogok makan seperti ini diakibatkan oleh hal-hal di luar aktifitas makan, misalnya anak kecewa karena tidak dibelikan mainan yang diinginkannya.

Untuk menghadapi kasus mogok makan seperti ini, Anda harus melakukan pendekatan langsung ke akar masalah. Kuncinya adalah komunikasi dengan anak, dan buat anak merasa didengar keluh kesahnya.

Nah, untuk persoalan susah makan lainnya, lanjutkan membaca artikel ini.

Mengatur suasana makan yang menyenangkan untuk anak

Agar anak makan dengan lahap, atur suasana makan menjadi semenyenangkan mungkin. Anak akan lebih menikmati aktifitas makan jika pengalaman yang didapatkan sama dengan ketika ia bermain.

Orang tua memang harus sabar dalam mendampingi anak yang susah makan. Terapkan hal-hal berikut untuk membuat suasana makan menjadi nyaman untuk anak.

  1. Sistem reward

Beri hadiah ke anak jika mereka berhasil menghabiskan makanan di piring. Misalnya berupa es krim sebagai makanan penutup atau izin untuk menonton film setelah makan.

  1. Tidak ada gadget di meja

Ketika makan, singkirkan gangguan berupa alat elektronik. Buat aturan untuk tidak boleh membawa hape atau tablet ke meja makan.

  1. Membicarakan hal yang menyenangkan

Sebagai ganti gadget, duduklah bersama anak dan mulai mengobrol mengenai hal yang menyenangkan. Anak biasanya tidak langsung makan begitu dihidangkan. Orang tua bisa menunggu sampai 30 menit hingga si kecil melakukan suapan pertamanya. Jeda inilah yang dapat Anda isi dengan percakapan menarik.

  1. Memberikan beberapa opsi makanan

Beri anak pilihan beberapa menu sehat untuk makannya saat itu. Ketika anak diberi kepercayaan untuk memilih makanannya sendiri, anak akan lebih cenderung mau menghabiskan makanan.

  1. Peralatan makan lucu dan sesuai ukuran anak

Anak kecil yang baru belajar makan sendiri akan lebih tertarik jika Anda menyediakan piring atau sendok yang lucu. Sesuaikan dengan kegemaran anak, misalnya tokoh kartun, serta sediakan alat makan yang mudah dipegang sesuai ukuran tangan si kecil.

  1. Makan bersama

Anehnya, beberapa anak akan makan lebih lahap jika tidak makan sendirian, terutama jika makan dengan teman seusianya. Anda atau anggota keluarga lain juga bisa menemani anak makan dengan duduk bersama di meja makan.

Trik agar Anak mau makan sayur

Sayur rupanya merupakan momok menakutkan bagi si kecil. Kadang orang tua sampai kehilangan kesabaran menyuruh anak agar mau makan sayur. Tips mengatasi anak susah makan sayur berikut bisa membantu ayah dan bunda yang sudah mulai kehabisan ide.

Menu kreatif

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa sayur bukanlah makanan yang sedap di lidah anak, apalagi jika dibandingkan dengan tipe makanan lain.

Maka dari itu, orang tua harus kreatif menyediakan makanan yang menarik untuk si kecil. Salah satu contohnya adalah menggabungkan sayur dengan makanan kesukaan anak, misalnya brokoli yang diselimuti lelehan keju.

Penyedap rasa

Menambahkan penyedap rasa dapat membuat masakan lebih enak, sehingga anak betah untuk makan sampai suapan terakhir. Tapi jangan lupa untuk selalu memilih penyedap rasa organik, tanpa zat aditif dan tanpa MSG.

Satu jenis sayur

Trik selanjutnya adalah cuma menghidangkan satu jenis sayur dalam satu kali makan. Hal ini bertujuan agar anak tidak merasa kewalahan karena harus memakan banyak jenis sayur yang belum tentu enak di lidah mereka.

Porsi kecil

Trik lainnya adalah menghidangkan sayur dalam porsi kecil. Memakan beberapa suap wortel jauh lebih baik daripada tidak makan sama sekali. Tambah porsi jika Anda melihat anak sudah mulai terbiasa dan terlihat menyukai sayur yang dihidangkan.

Jangan memaksa ketika anak susah makan, beri contoh dan tumbuhkan kebiasaan sebagai gantinya

Ketika mengatasi anak susah makan, biasanya orang tua cenderung memerintah bahkan memaksa. Hal ini justru kontraproduktif. Anak akan mencatat di otaknya bahwa makan merupakan tugas berat yang harus dilaksanakan tiap hari.

Padahal, makan, terutama makanan sehat, seharusnya menjadi aktifitas yang positif di mata anak. Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk mengenalkan makan sebagai kebiasaan sehari-hari yang tidak hanya bermanfaat, tapi juga menyenangkan.

Cara yang paling gampang untuk mengenalkan makanan sehat adalah dengan memberi contoh. Apa artinya jika Anda menyuruh anak makan sayur, namun Anda sendiri makan makanan cepat saji. Anak usia belia cenderung meniru hal-hal di sekelilingnya, termasuk kebiasaan orang tua.

Nah, untuk para orang tua, ketika anak rewel saat makan, duduk semeja dan makan sesuatu yang mirip dengan makanan anak. Ketika Anda ingin anak makan wortel, misalnya, beri contoh dengan makan wortel dan tunjukkan bahwa Anda menikmati wortel tersebut.

Suplemen penambah nafsu makan anak yang direkomendasikan

Jika Anda sudah mencoba pendekatan di atas namun belum berhasil, Anda dapat mempertimbangkan membeli suplemen anak susah makan. Suplemen mengandung vitamin dan zat-zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan nafsu makan anak. Berikut ini beberapa suplemen dan vitamin penambah nafsu makan yang direkomendasikan.

  1. Blackmores Superkids Multichewable. Salah satu bahan utamanya berupa Zinc yang dapat membantu menambah nafsu makan.
  2. Vidoran Gummy. Bentuknya yang lucu sangat menarik perhatian anak.
  3. Vitabumin. Mengandung madu, ekstrak ikan gabus, dan temulawak.
  4. Fitkom Tablet Hisap Multivitamin. Tablet hisap rasa buah yang disukai anak.
  5. Curcuma Plus. Mengandung ekstrak temulawak yang dapat meningkatkan nafsu makan.
  6. Vidoran Plus. Mengandung ekstrak temulawak, Lysine, dan Omega 3.

Meningkatkan nafsu makan pada anak dengan bahan alami

Mungkin sebagian orang tua lebih memilih menggunakan bahan-bahan alami. Untuk itu, ada juga alternatif bahan alami untuk anak yang susah makan.  Anda bisa menggunakan bahan-bahan berikut ini.

Madu

Madu merupakan makanan kaya nutrisi yang salah satu manfaatnya adalah meningkatkan nafsu makan. Rasanya yang manis juga mudah diterima oleh lidah anak.

Makanan yang kaya zinc

Zinc merupakan senyawa yang terbukti dapat meningkatkan nafsu makan, bahkan untuk orang dewasa sekalipun. Makanan yang kaya zinc contohnya daging, ikan laut, dan kerang.

Temulawak

Temulawak merupakan rempah tradisional yang sudah dikenal luas khasiatnya sebagai penambah nafsu makan. Anda bisa memberikan temulawak pada anak agar dapat merasakan manfaat tersebut.

***

Menghadapi anak susah makan memang bukan hal yang mudah. Namun dengan tips-tips di atas, semoga Anda bisa segera mengaplikasikan kepada anak sehingga mereka makan dengan lahap. Tidak lagi aktifitas makan yang menjadi “drama” harian penuh dengan teriakan dan tangisan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa share di sosial media, karena masih banyak orang tua lain di luar sana yang butuh tips-tips di atas untuk menghadapi persoalan anak susah makan.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *