Inilah Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Permasalahan rambut rontok bukan hal yang asing bagi sebagian orang. Mungkin Anda telah mencoba berbagai cara namun tanpa hasil. Berikut ini akan dijabarkan cara mengatasi rambut rontok yang melihat berbagai dari akar permasalahan.

Ya, benar. Cara mengurangi rambut rontok tidak serta merta hanya dengan memilih produk perawatan tertentu. Anda harus tahu apa persisnya penyebab kerontokan rambut sebelum memilih metode penanganan yang paling tepat. Baca ulasan lengkapnya berikut ini.

Mendeteksi tipe rambut rontok parah dari penyebabnya

cara mengatasi rambut rontok

Setiap orang yang memiliki masalah kerontokan memiliki penyebab rambut rontok yang berbeda. Tentukan pemicu kerontokan pada rambut, yaitu sebagai berikut:

Shampo yang tidak cocok

Cara untuk mengetahui apakah shampo yang digunakan sehari-hari memicu kerontokan rambut adalah dengan menghentikan penggunaan sementara. Jika kerontokan berkurang, bisa dipastikan Anda tidak cocok dengan shampo tersebut.

Masalah nutrisi

Nutrisi berperan penting dalam kesehatan rambut. Beberapa masalah nutrisi yang dapat menyebabkan rambut rontok antara lain, kelebihan vitamin A, kekurangan vitamin B7, vitamin D, dan zat besi. Kekurangan protein juga dapat menyebabkan rambut rontok.

Keturunan

Untuk memastikan apakah rambut rontok disebabkan oleh genetik, lihat kondisi rambut pada orang tua Anda. Jika salah satu atau kedua orang tua juga memiliki masalah kerontokan, bisa jadi mereka menurunkan sifat genetik ini kepada Anda.

Kondisi kulit kepala

Kulit kepala yang sehat berarti rambut yang sehat. Sebaliknya, kulit kepala yang menderita psoriasis, ketombe, atau infeksi jamur dapat menjalar ke berbagai permasalahan rambut, salah satunya kerontokan.

Rambut rontok karena stress dan kondisi kesehatan lainnya

Ada lagi penyebab kerontokan rambut selain yang telah disebutkan di atas, yaitu karena stress. Kondisi kejiwaan sangat berpengaruh pada kondisi fisik Anda, salah satunya rambut. Untuk menangani masalah rambut rontok karena stress, Anda harus melakukan pendekatan secara psikologis juga, selain melakukan perawatan rambut rontok standar. Adopsi gaya hidup bebas stress dengan olahraga, meditasi, atau aktifitas menenangkan pikiran lainnya.

Selain itu, kondisi kesehatan tertentu juga dapat menyebabkan kerontokan rambut, misalnya gangguan tiroid, setelah melahirkan, kehilangan berat badan drastis, dan bahkan trauma fisik karena kecelakaan. Kondisi-kondisi khusus ini ada baiknya perlu dikonsultasikan dengan dokter yang ahli di bidangnya.

4 nutrisi penting untuk mengatasi rambut rontok parah

Untuk mengatasi rambut rontok karena nutrisi, berikut ini nutrisi penting yang harus diperhatikan. Usahakan agar konsumsi makanan harian mengandung zat-zat di bawah ini:

  1. Vitamin A.

Vitamin A lebih dikenal sebagai vitamin mata. Namun, vitamin A ternyata juga berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Baik defisiensi maupun kelebihan vitamin A dapat berakibat dengan rontoknya rambut. Pastikan untuk mengkonsumsi vitamin A sesuai yang dianjurkan oleh asupan gizi harian yang direkomendasikan.

  1. Makanan tinggi protein.

Protein diperlukan untuk akar rambut yang kuat. Makanan tinggi protein bisa ditemukan di daging, telur, ikan, dan susu. Untuk vegetarian, pilihan bahan makanan protein tinggi antara lain produk olahan kedelai seperti tahu dan tempe, biji-bijian dan kacang-kacangan.

  1. Vitamin D.

Vitamin D atau sering dikenal sebagai vitamin matahari merupakan tipe vitamin yang paling sering ditemukan defisiensinya dalam tubuh manusia. Salah satu penyebabnya adalah kencederungan menghindari sinar matahari, baik karena panas, cuaca di musim dingin, maupun takut terkena paparan sinar UV.

Vitamin D tidak diproduksi dari makanan. Oleh karena itu, jangan takut untuk berjemur sesekali di bawah sinar matahari. Anda juga bisa minum suplemen vitamin D yang berasal dari minyak ikan.

  1. Zat besi.

Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan zat besi untuk produksi sel darah merah. Salah satu efeknya adalah kerontokan rambut. Untuk asupan zat besi yang cukup, perbanyak konsumsi bayam, brokoli, dan kacang-kacangan.

Mengatasi Rambut rontok karena masalah kulit kepala

Masalah kulit kepala seperti psoriaris dan ketombe memerlukan pendekatan yang berbeda. Berikut ini yang bisa dilakukan untuk rambut rontok karena ketombe.

Shampo yang mengandung zinc

Zinc merupakan bahan umum yang digunakan pada shampo anti ketombe yang beredar di pasaran. Zinc mampu menyingkirkan ketombe, membuat kulit kepala segar dan tidak kering.

Shampo yang mengandung selenium sulfat

Untuk kasus ketombe yang membandel, solusinya adalah selenium sulfat seperti yang bisa ditemukan pada merek shampo Selsun. Tipe shampo ini dapat mengatasi ketombe yang disebabkan oleh infeksi jamur dan psoriasis.

Shampo ketoconazole

Ketoconazole merupakan zat ampuh untuk ketombe akibat infeksi jamur, misalnya malassezia dan serboroik dermatitis. Di pasaran, ketoconazole dapat ditemukan contohnya pada shampo merek Nizoral.

Mengatasi rambut rontok karena usia atau keturunan

Faktor keturunan untuk rambut rontok memang paling susah dihindari. Namun, Anda bisa memperlambat prosesnya dengan cara-cara di bawah ini.

Menggunakan shampo yang tepat

Gunakan shampo yang ringan tanpa banyak bahan-bahan kimia berbahaya. Pertimbangkan shampo organik dengan bahan-bahan alami. Cari shampo pencegah rontok yang mengandung bahan bermanfaat untuk pertumbuhan rambut, misalnya gingseng, kemiri, atau aloe vera.

Menggunakan minyak rambut 

Sebagai tambahan, gunakan minyak rambut yang dapat memicu pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Contoh minyak yang diyakini manjur untuk rambut rontok antara lain minyak jarak, minyak jojoba, dan minyak argan. Anda juga bisa membeli hair oil di pasaran yang mengandung kombinasi beberapa bahan sekaligus.

Minoxidil (Rogaine) dan finasteride (Propecia)

Selain bahan alami, ada obat rambut rontok laboratiroum yaitu minoxidil (Rogaine) dan finasteride (Propecia). Obat ini terutama dipakai untuk kasus kebotakan. Rogaine bisa didapatkan dengan mudah di pasaran sementara finasteride perlu resep dokter.

Hindari kebiasaan buruk

Merokok dapat mengurangi aliran darah ke kulit kepala sehingga memicu rontoknya rambut.  Hindari juga konsumsi alkohol berlebihan dan aktifitas sedentari (kurang bergerak). Olahraga juga membantu kesehatan rambut secara tidak langsung.

Rambut rontok? Cek apakah cara merawat rambut sudah benar

Cara keramas dan menata rambut yang kurang tepat juga merupakan pemicu rontoknya rambut. Hal ini berlaku terutama pada kaum wanita. Terlalu banyak menumpuk bahan kimia di kepala dapat membuat rambut stress lalu rontok.

Lalu bagaimana perlakuan terhadap rambut yang tepat? Catat tips rambut kuat di bawah ini agar rambut tetap sehat dan pantang rontok.

  • Jangan gonta ganti shampoo.
  • Berhenti menggunakan pengering rambut. Keringkan rambut secara alami menggunakan handuk lembut.
  • Tidak menyisir rambut saat basah. Saat basah, rambut lebih lemas dan mudah rontok.
  • Tidak melilit handuk di kepala setelah keramas. Ternyata, kebiasaan melilitkan handuk di kepala dapat menarik rambut dari akarnya, terutama di bagian tepi kepala. Apalagi rambut sedang basah dan lebih rapuh.
  • Stop menggunakan hairspray. Kurangi penggunaan produk kimia untuk menata rambut.
  • Hindari penutup kepala yang terlalu ketat. Menutup kepala dengan sesuatu yang tidak membolehkan rambut dan kulit kepala bernapas, misalnya topi atau hijab yang ketat. Gunakan sesuatu yang longgar dan mengizinkan udara untuk keluar masuk area kepala.

Bahan alami untuk mengatasi kerontokan berlebihan

Anda juga bisa memilih menggunakan bahan-bahan alami untuk mengurangi rambut rontok. Ramuan alami memang lebih aman karena bebas bahan kimia buatan. Anda bisa membuat masker rambut rontok, atau meningkatkan konsumsi zat-zat tertentu untuk membuat rambut kuat.

Berikut ini daftar bahan alami untuk permasalahan rambut rontok Anda.

Lidah buaya

Lidah buaya sudah dipercaya sejak dulu untuk mengatasi kerontokan pada rambut. Lendir pada daging lidah buaya membantu menyejukkan kulit kepala dan membersihkan akar rambut dari minyak dan kotoran. Anda bisa menggunakan lidah buaya dalam bentuk masker rambut.

Santan

Santan mengandung asam lemak yang dapat mencegah hilangnya protein dari akar rambut. Sama seperti lidah buaya, gunakan santan sebagai masker rambut untuk merasakan khasiatnya.

Minyak kemiri

Minyak kemiri dikenal sebagai bahan alami untuk menghitamkan rambut. Namun kemiri juga memilikit manfaat lain seperti menguatkan rambut dan mengatasi kerontokan. Bahan ini juga mudah di dapat karena merupakan salah satu bumbu dapur yang sering dipakai.

Gingseng

Gingseng mengandung Ginsenosida yang membantu merangsang pertumbuhan rambut. Biasanya, gingseng dikonsumsi dalam bentuk ekstrak. Gingseng dipercaya memiliki khasiat yang sama efektifnya dengan obat kimia minoxidil.

Bisa disimpulkan bahwa Anda bisa melakukan beberapa perawatan rambut sekaligus untuk menangkal rambut rontok. Mulai dari membenahi asupan nutrisi, memilih shampo yang tepat, hingga menggunakan masker rambut.

Selain itu, jangan lupa mengikuti cara merawat rambut rontok yang tepat, karena itu juga berpengaruh terhadap hasil. Bagikan tips rambut rontok ini ke teman-teman di sosial media agar banyak yang juga merasakan manfaat informasi ini.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like