Cara Mengatasi Stres Dengan Cepat Dan Sederhana

Stres adalah kondisi yang tidak asing lagi bagi setiap orang. Kenyataannya, tidak mungkin seseorang itu 100% terbebas dari stres. Persoalan hidup selalu ada tiap harinya. Namun jangan biarkan stres menjadi kendala bagi Anda untuk menikmati hidup semaksimal mungkin.

Oleh karena itu, tiap orang perlu strategi untuk menghadapi tekanan hidup sehari-hari. stres memang tidak bisa dihindari, namun bukan berarti tidak bisa diminimalisir efeknya. Cara mengatasi stress bisa dilakukan dengan berbagai pendekatan, mulai secara psikologis hingga makanan yang Anda konsumsi. Untuk lebih lengkapnya, baca penjelasan di bawah ini.

Mengenal stres: Bukan hal yang sepenuhnya negatif

cara mengatasi stres

Stres adalah respon alami tubuh terhadap ancaman. stres adalah salah satu cara tubuh untuk melindungi diri dari bahaya dengan menstimulasi otak agar selalu waspada dan memberi reson yang sesuai. Kesimpulannya, stres pada dasarnya bukanlah hal yang negatif.

Stres juga merupakan cara tubuh untuk dapat menaklukkan suatu tantangan. Contohnya pada turnamen olahraga atau ketika harus presentasi di depan atasan. stres juga adalah yang memotivasi seseorang untuk belajar ketika ia ingin bermalas-malasan.

Stres yang berlebihan dan dampaknya

Namun ada batas di mana kondisi stres tidak lagi memberikan manfaat, yaitu ketika Anda hanya merasakan emosi yang negatif. Tubuh pada dasarnya tidak bisa membedakan antara stres yang diperlukan dan stres yang berlebihan.

Semua orang pasti sepakat kalau stres yang berlebihan bukanlah kondisi mental yang ingin dirasakan banyak orang. stres tidak hanya merusak , namun dalam jangka panjang, stres bisa berakibat dengan menurunnya produktivitas.

Stres yang berkepanjangan dapat berpengaruh ke kesehatan fisik. Misalnya, Anda cenderung makan ketika stres dan efeknya adalah kenaikan berat badan. stres juga memengaruhi kehidupan sosial Anda dan hubungan dengan keluarga dan teman. Secara keseluruhan, stres memiliki dampak kedapat mempengaruhi setiap semua aspek  kualitas hidup.

Tiga langkah tepat sasaran untuk menghadapi stres

Langkah pertama – Mengenali saat stres menyerang

Kenali apakah stres yang melanda merupakan hal yang mengganggu atau justru bermanfaat. stres yang bersifat negatif bisa datang bersama rasa letih yang luar biasa, insomnia, dan sakit kepala. stres yang bermanfaat justru membuat Anda tertantang dan bersemangat.

Langkah kedua – Identifikasi penyebab

Anda bisa membuat daftar mengenai hal – hal yang mungkin menyebabkan stres, misalnya beban kerja yang terlalu banyak, masalah keluarga, atau masalah lainnya. Akan lebih mudah menemukan solusi ketika Anda tahu penyebab utama stres Anda.

Langkah ketiga – Tinjau aktivitas dan kebiasaan harian.

Pada langkah ini, Anda bisa menyusun perubahan-perubahan untuk mengurangi stres. Misalnya mengambil beban kerja yang lebih sedikit, memprioritaskan keluarga, atau bahkan mengambil cuti liburan.

Tangkal stres secara cepat dan efektif dengan tujuh cara yang terbukti secara ilmiah

Kabar baiknya, ada cara mengatasi stres dapat dilakukan dalam waktu cepat. Hal ini terutama berlaku untuk stres jangka pendek. Tidak perlu pergi berlibur, saat Anda mulai suntuk, langsung lakukan hal – hal berikut untuk menenangkan pikiran.

  1. Tarik napas. Istirahat dan menarik napas panjang adalah tips mengatasi stres yang dapat dilakukan detik itu juga. Mengambil napas dapat membantu Anda untuk fokus kembali di saat rasa panik melanda.
  2. Tertawa. Tertawa terbukti dapat menurunkan hormon stres kortisol. Anda bisa menonton klip lucu atau bercanda dengan teman.
  3. Istirahat dari elektronik. Zamansekarang, berita, internet dan sosial media merupakan salah satu pemicu stres. Matikan TV dan kurangi notifikasi di handphone. Alokasikan beberapa menit tiap harinya untuk tidak mengecek email dan sosial media.
  4. Minum teh herbal. Teh herbal seperti chamomile, lavender, dan pepermin memiliki zat – zat yang dapat menenangkan syaraf.
  5. Bergerak. Mulai dari olahraga hingga menari, aktivitas fisik adalah satu taktik untuk menghilangkan rasa penat di pikiran. Aktivitas fisik dapat melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kadar hormon serotonin, hormon yang berperan dalam meningkatkan suasana hati.
  6. Aktivitas yang menyenangkan. Setiap orang memiliki preferensi yang berbada-beda. Contoh yang umum misalnya mendengarkan musik, mandi air hangat, atau menonton film kesukaan.
  7. Makan. Makan memang secara ilmiah dapat membantu meredakan stres. Namun batasi diri agar tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Self-care: Metode kekinian untuk menghadapi tekanan hidup zaman modern

Sick young fair-haired Caucasian woman covered with grey blanket sitting on grey sofa in living room with closed eyes, embracing her knees, turning head to camera. Illness, lifestyle concept

Beberapa tahun terakhir, istilah self-care atau merawat diri menjadi populer di masyarakat. Secara definisi, self-care dapat di artikan sebagai praktik melindungi kebahagiaan diri dan suasana hati, terutama saat stres.

Praktik self-care bisa Anda terapkan dalam menghadapi stres. Metodenya bermacam-macam, mulai melakukan sesuatu yang Anda sukai seperti hobi, atau mentraktir diri seperti relaksasi di spa.

Namun self-care juga berarti banyak hal, antara lain:

  • Bersyukur.
  • Berani berkata tidak, terutama untuk hal – hal yang tidak bermanfaat.
  • Self-compassion, yaitu perilaku menyayangi diri sendiri sebagaimana menyayangi orang lain.
  • Mindfulness, yaitu mengalihkan perhatian ke momen sekarang dan fokus terhadap apa yang dirasakan panca indera.

Kesimpulannya, self-care bisa dibilang adalah solusi stres yang tidak hanya jangka pendek, namun juga berkelanjutan. Penelitian menunjukkan bahwa  membantu menjaga Anda tetap sehat secara mental, dan membantu meraih kualitas hidup yang optimal.

Contoh gaya hidup sehat untuk meminimalisir stres

Ada istilah yang cukup populer yaitu di dalam tubuh yang sehat terhadap jiwa yang kuat. Istilah ini memang ada benarnya, terutama berkaitan dengan stres. Apa yang dikonsumsi manusia akan berpengaruh pada pikiran. Karena pada dasarnya stres adalah hasil reaksi kimia di dalam tubuh.

Oleh karena itu, jika Anda berniat untuk meminimalisir stres, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah gaya hidup sehari-hari. Makanan sehat dan bernutrisi dapat membantu mengurangi stres. Dan sebaliknya, kebiasaan buruk seperti merokok dan konsumsi alkohol dapat memicu stres.

Berikut ini contoh gaya hidup sehat yang bisa diaplikasikan untuk mengatasi stres:

  • Konsumsi makanan sehat
  • Tidak merokok
  • Tidak mengonsumsi alkohol secara berlebihan
  • Rajin berolahraga
  • Tidak mengonsumsi makanan cepat saji (junk food).
  • Istirahat teratur dan tidur yang cukup.

Contoh lingkungan negatif pemicu stres yang perlu dihindari

Salah satu pemicu stres adalah lingkungan yang negatif.  Salah satu contohnya adalah hal pekerjaan. Jika tempat kerja lebih banyak memberikan stres dibanding dengan kebahagiaan yang didapatkan, pertimbangkan untuk mencari nafkah di tempat lain. Contoh lainnya misalnya:

  • Lingkungan tempat tinggal yang kurang kondusif
  • Teman-teman yang suka bergosip dan membicarakan urusan orang lain
  • Kelompok politik atau religi tertentu yang Anda rasa tidak memberikan manfaat berarti.
  • Media sosial dengan konten – konten yang menyebarkan kebohongan dan kebencian
  • Pasangan yang abusif, baik secara fisik, mental, bahkan finansial.
  • Anggota keluarga yang suka menyulut konflik.
  • Kota dengan cuaca panas dan macet

Sebisa mungkin hindari hal negatif di atas demi kesehatan mental Anda. Beberapa kondisi memang tidak mudah bahkan untuk sekedar menghindarinya. Namun karena hal tersebut memang susah diubah karena berada di luar kendali kita, menghindari merupakan satu-satunya solusi.

***

Stres memang suatu kondisi yang kompleks. Namun di sisi lain ada banyak strategi mengatasi stres. Catat tips-tips di atas untuk menghadapi stres baik dalam jangka pendek maupun berkelanjutan. Jika Anda memiliki tips tambahan, jangan segan-segan untuk sharing dengan pembaca lainnya di kolom komentar.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like