Lemak Di Perut Susah Hilang? Inilah Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Cepat dan Tepat

Salah satu bagian tubuh dimana lemak suka berkumpul adalah perut. Masalah ini di alami baik pria maupun wanita saat terjadi kenaikan berat badan. Perut buncit dapat membuat kepercayaan diri menurun. Selain itu, akan sedikit merepotkan ketika banyak baju yang Anda miliki tidak lagi muat di bagian perut.

Bagi sebagian orang yang sedang fokus menurunkan berat badan, mengecilkan perut buncit merupakan salah satu tujuan utama. Berikut akan dijabarkan mengenai seluk beluk metode dan cara mengecilkan perut buncit, baik dari mengenali penyebabnya terlebih dahulu, mengatur diet yang tepat untuk perut buncit, serta bagaimana agar perut tetap langsing.

Penyebab lemak menumpuk di perut

cara mengecilkan perut buncit

Penyebab perut buncit pada dasarnya adalah kenaikan berat badan. Perut merupakan tempat favorit bagi tubuh untuk menyimpan lemak, selain pinggang dan paha. Namun, beberapa kelompok orang memiliki kecenderungan menyimpan lemak di perut daripada bagian tubuh lainnya.

Apa sebabnya? Salah satunya adalah faktor usia. Semakin tua seseorang, semakin terjadi penurunan massa otot dan kenaikan massa lemak akibat metabolisme yang melambat. Pada wanita, fase ini disertai dengan menurunnya hormon estrogen di tubuh, yang dapat menyebabkan lemak menimbun di perut.

Selain usia, faktor lainnya adalah genetik, gaya hidup yang kurang olahraga, dan stress. Kebiasaan makan yang buruk juga memicu kenaikan badan dan timbunan lemak di perut. Jika Anda ingin mengecilkan perut, penting sekali untuk mengaplikasikan beberapa metode yang berbeda sesuai dengan penyebabnya.

Perut buncit, apakah berbahaya bagi kesehatan

Lemak di perut sebenarnya bukan hal yang sepenuhnya buruk. Perut merupakan lokasi dimana banyak organ-organ penting berkumpul, misalnya usus, lambung, dan hati. Lemak di perut berfungsi untuk melindungi organ-organ tersebut.

Namun hanya dalam jumlah tertentu. Karena jika berlebihan, lemak tersebut justru akan menimbulkan masalah kesehatan. Bahaya perut buncit antara lain resiko kanker di daerah perut, misalnya esofagus, usus besar, atau kanker pankreas. Hal ini disebabkan oleh senyawa sitokin, suatu senyawa yang dihasilkan oleh lemak tubuh. Resiko lainnya antara lain diabetes, serangan jantung, dan penyakit komplikasi.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengurangi lemak di bagian perut. Lanjutkan membaca artikel ini untuk mengetahui berbagai tips mengecilkan perut buncit.

Perubahan total pada gaya hidup untuk mengatasi perut buncit

Langkah tepat dalam mengecilkan perut adalah melakukan perubahan pola hidup. Hal ini memiliki dua tujuan, yang pertama adalah membakar kelebihan kalori di perut, dan yang kedua adalah mencegah perut tambah buncit. Berikut ini yang perlu Anda lakukan.

Hindari makanan berlemak, tinggi kalori, dan makanan cepat saji

Cara mengecilkan perut yang pertama adalah hindari kebiasaan buruk dalam mengonsumsi makanan sehari-hari. Makanan berlemak adalah yang paling harus dihindari. Tujuan Anda adalah mengurangi lemak, tidak masuk akal jika malah menambah asupan lemak ke dalam tubuh.

Tipe makanan lain yang perlu dihindari adalah makanan olahan dan makanan cepat saji. Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan cepat saja memiliki kalori tinggi namun tidak sebanding dengan nutrisi yang dimiliki.

Selain itu, Anda juga perlu waspada dengan makanan yang tidak serta merta tidak sehat, namun tinggi lemak dan kalori. Contohnya adalah nasi. Kurangi konsumsi untuk diet yang lebih cepat terlihat efeknya.

Tambah asupan protein

Untuk membantu menambah massa otot, tambah asupan protein harian. Kurangi karbohidrat dan perbanyak makan protein tanpa lemak (lean protein). Misalnya ikan, daging, dan tahu tempe.

Tambah konsumsi sayuran

Sayuran memiliki manfaat yang besar untuk membantu pengecilan lingkar pinggang. Sayuran rata-rata memiliki kalori yang rendah, sehingga Anda bisa mengkonsumsinya tanpa khawatir. Selain itu, sayur-sayuran mengandung serat yang membantu meningkatkan metabolisme, membuat cepat kenyang, dan mencegah makan berlebihan.

Tidur yang cukup

Ketika Anda kurang tidur, tubuh akan memproduksi hormon yang dapat meningkatkan rasa lapar, yaitu leptin dan ghrelin. Kurang tidur juga dapat memicu stress, dimana Anda akan merasa ingin makan terus untuk meningkatan mood. Oleh karena itu, penuhi kuota tidur selama 8 jam setiap harinya agar m,etabolisme tubuh dapat berjalan dengan optimal.

Menghitung asupan kalori

Tidak ada salahnya jika Anda ingin lebih detail dan menghitung jumlah kalori yang keluar/masuk tubuh. Hal ini untuk mengontrol apakah Anda tidak melebihi batas. Menghitung kalori membantu melacak asupan energi sehingga Anda dapat menentukan strategi diet yang paling tepat.

Olahraga

Tips selanjutnya adalah menjaga agar tubuh tetap aktif dengan berolahraga. Hindari gaya hidup sedentari atau mager (malas gerak). Berolahraga membantu membakar kalori. Selain itu, berolah raga dapat membantu mengonversikan makanan menjadi otot bukannya lemak.

Mengecilkan perut buncit secara efektif dengan olah raga

Untuk olahraga mengecilkan perut buncit, fokus Anda adalah bagian tengah tubuh. Pilih jenis olahraga yang secara spesifik menyasar bagian tubuh tersebut. Apa saja olahraga yang tepat untuk mengurangi lemak di perut? Berikut ini olahraga yang bisa dipraktekkan.

  1. Lari dan jogging. Olahraga yang paling mudah dilakukan dan tanpa peralatan apapun.
  2. Sit up. Sit up merupakan salah satu tipe senam yang menargetkan otot sekitar perut.
  3. Push up. Selain sit up, push up juga fokus untuk memperkuat otot perut.
  4. Bersepeda. Anda bisa menggunakan sepeda atau peralatan yang sejenis di gym.
  5. Mountain climber. Merupakan senam dimana Anda menggerakkan dua kaki seakan berlari dengan posisi tubuh seperti sedang push up.
  6. Burpee. Yaitu gerakan berulang dari berdiri, jongkok, posisi push-up, lalu berdiri kembali. Gerakan ini juga membantu melatih otot dada, bahu, dan paha.
  7. Angkat beban. Anda dapat memilih jenis olahraga ini jika ingin juga fokus dengan pembentukan otot pada perut.
  8. Yoga. Yoga juga dapat membantu menghilangkan lemak di perut. Untuk yoga, fokus pada pose-pose yang menyasar bagian perut, misalnya pose sun salutation yang mirip dengan burpee.

Mengatasi perut buncit dengan Diet? Coba saja diet keto

Jika Anda penasaran diet apakah ada diet yang efektif menyasar bagian perut, jawabannya adalah diet keto. Jika Anda benar-benar serius dan disiplin, diet ini dikenal paling cepat membakar lemak.

Diet keto memang terbilang ekstrim. Diet ini benar-benar mengeliminasi karbohidrat dari konsumsi harian. Jadi, tidak ada nasi, roti, gula, bahkan karbohidrat yang berasal dari buah-buahan. Sebagai gantinya, Anda hanya boleh konsumsi protein, lemak, dan serat dari sayuran.

Diet keto memaksa tubuh untuk memasuki suatu kondisi bernama ketosis, dimana tubuh harus menggunakan lemak sebagai energi karena tidak ada asupan karbohidrat sama sekali. Akibatnya, tubuh tidak memiliki pilihan lain untuk bertahan hidup selain dengan membakar lemak yang sebelumnya tertimbun di tubuh.

Akibatnya cukup jelas. Lemak yang sebelumnya tersimpan di tubuh akan perlahan-lahan menghilang, termasuk lemak di bagian perut. Jika Anda ingin serius mengecilkan perut buncit, tidak ada salahnya mencoba diet ini.

Contoh rutinitas harian yang ideal untuk mengecilkan perut buncit

Berikut ini contoh perilaku gaya hidup sehat yang menggabungkan tubuh yang aktif dan pola makan sehat dari pagi hingga malam. Silakan aplikasikan sesuai dengan rutinitas sehari-hari Anda.

  • Senam atau yoga sesaat setelah bangun tidur
  • Berjalan atau bersepeda ke tempat kerja.
  • Sarapan dengan oatmeal bukannya nasi.
  • Memilih tangga daripada lift atau eskalator.
  • Menghindari soda ketika cuaca panas dan ingin minum minuman dingin
  • Menggunakan jam istirahat di kantor untuk nge-gym.
  • Kelas pilates atau gym setelah pulang kerja
  • Menolak ajakan teman untuk nongkrong makan di malam hari.
  • Memasak makan malam sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan bernutrisi.
  • Tidak makan atau ngemil sebelum tidur.
  • Tidur tepat waktu.

Inspirasi sesi latihan gym untuk mengecilkan perut

Bagi yang memiliki keanggotaan gym, Anda bisa menggunakan peralatan tertentu untuk mengecilkan perut. Latihan berikut bisa jadi inspirasi.

Insiprasi 1

Awali sesi latihan gym Anda dengan joging di treadmill selama 30 menit. Kemudian, dilanjukan dengan mesin eliptikal (Elliptical machine) selama 20 menit. Anda dapat menggunakan 10 menit sisa waktu untuk sit up sembari memegang dumbbell. Kombinasi latihan di atas dapat memperkuat bagian inti tubuh Anda.

Inspirasi 2

Kayuh pedal Stationary bike selama 20 menit, dilanjutkan dengan situp diatas bola stabilitas selama 10 menit. Gunakan 30 menit terakhir untuk membentuk otot lengan dan perut dengan mendayung di rowing machine. Contoh urutan latihan ini bertujuan untuk menghilangkan lemak sekaligus membentuk otot.

Menghilangkan lemak di perut memang butuh usaha yang tidak mudah, namun dengan diet dan olahraga yang tepat, Anda bisa meraih perut rata dalam waktu singkat. Gunakan tips mengecilkan perut buncit di atas untuk meraih badan ideal Anda.

Jangan lupa untuk tetap termotivasi dan disiplin. Karena kedua hal ini adalah kunci utama proses diet dan olahraga yang sukses. Share pengalaman Anda di kolom komentar agar memotivasi pembaca lainnya, atau Anda bisa membagikan artikel ini ke teman-teman di media sosial.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like